Aveon 666
Pasang Iklan Pasang Iklan Pasang Iklan Pasang Iklan Pasang Iklan Pasang Iklan Pasang Iklan

Sedikit Tentang Nabi Muhammad Saw.(570-632)

Sebagaimana kata Michael H Hart,sejarawan barat yang mengupas ketokohan dunia menempatkan Nabi Muhammad pada urutan pertama. Nabi Muhammad swt. dipandang berhasil baik dari aspek spiritual/keagamaan maupun keduniawian.

Beliau berasal dari keluarga sederhana lahir di kota Mekah, kota yang bukan menjadi pusat budaya dan ekonomi dunia pada saat itu. Muhammad menegakkan dan menyebarkan agama terbesar didunia.yakni Islam. Pada saat yang bersamaan tampil sebagai pemimpin yang tangguh,ulet,dan efektif.Kini empat belas abad sesudah wafatnya,pengaruhnya semakin kuat mendalam dan berakar.

Muhammad lahir 570 M, di kota Mekah di jazirah Arabia, yang pada waktu itu merupakan kota terbelakang. Menjadi yatim piatu pada usia 6 tahun,dia di besarkan oleh pamannya,di lingkungan yang sederhana dan rendah hati. Umur dua puluh lima tahun,beliau menikah. Sampai usia 40 tahun ia belum kelihatan amat luar biasa, sampai pada turunnya keajaiban/mukjizat. Masyarakat Arab sendiri umumnya penyembah berhala, hanya ada beberapa yang beragama Yahudi dan Nasrani. Beliau yakin akan keesaan Allah SWT, tiada Tuhan kecuali Allah, dan Muhammad menerima wahyu kenabian. Kemudian disebarluaskan di lingkungannya. Selama 3 tahun Muhammad menyebarkab agama di lingkungan kawan-kawan dan saudara dekat. Baru pada tahun 613 beliau mulai dakwah terbuka, yang pengikutnya bertambah banyak. Oleh karenanya, penguasa Mekah menganggap Nabi Muhammad saw, sebagai ancaman. Karena perkembangan situasi di Mekah tidak menguntungkan, maka pada tahun 622 Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, sekitar 200 km di sebelah utara Mekah.

Berbeda dengan suasana Mekah, di Madinah masyarakat menyambut antusias dan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Nabi Muhammad. Hijrahnya ke Madinah, sebagai babak baru perkembangan Islam yang semakin semarak. Bersamaan dengan itu juga penyempurnaan dalam pencatatan wahyu yang diyakini diterima secara cermat kepada para sahabatnya, sehingga kesempurnaan kitab suci Alquran menjadi mukjizat yang tak mungkin terpalsukan karena akurasi sistem pencatatan dan kepiawaian Nabi Muhammad dalam administrasi spiritual dan duniawi. Padahal diyakini awalnya Nabi Muhammad buta huruf. Kemudian secara autodikdak belajar,dan beliau benar-benar sebagai sosok yang memang diyakini sebagai pilihan Allah,untuk mengubah duni yang jahiliah manjadi masyarakat beradab,masyarakat sejahtera di bawah lingkungan allah.

Perkembangan Islam kemudian demikian pesat, mulai menyebar dari Persia,Irak sampai ke Maroko di pantai Atlantik. Bahkan lewat Selat Gibraltar menembus sampai Spanyol di Eropa. Ada tanda tersendiri yang dimiliki Nabi Muhammad dalam "Menaklukan" wilayah, maka secara spontan berbondong-bondong orang masuk Islam. Dan karena keimanan Islam berintikan akhlakul karimah, budi pekerti luhur, maka pengaruh keimanan terwujud dalam kehidupan dan perkembangan duniawi. Kepemimpinan langsung berupa keteladanan, baik dari aspke keimanan,akhlak mulia,peri kehidupan duniawi yang penuh dengan tatanan moral, yang tak lekang oleh zaman. Sebagai uswatun khasanah, makaNabi Muhammad memang pemimpin sejati. Secara jujur oleh siapapun Muhammad diakui sebagai satu-satunya pribadi yang mampu mengubah dunia, dengan ratusan juta pemeluk Islam tersebar keseluruh dunia,maka keberadaan itu yang ikut mengubah sejarah umat manusia.

Nama yang paling sering dipakai oleh manusia didunia ini adalah MUHAMMAD.

Comments :

1
aRi isTiadi mengatakan...
on 

wah artikel yang sangat bermanfaat

terus berposting....
Lanjutkan.....!

Posting Komentar

Komentar jangan bernada spam!!
TERIMA KASIH ANDA TELAH BERKOMENTAR DENGAN TIDAK SPAMMING

Artikel yang bersangkutan

 

Recent Comment

Data Blog

Fans Black organization